Desa Mootinelo merupakan sala satu Desa yang berada diKecamatan Kwandang, Kabupaten Gorontalo Utara. Desa Mootinelo berdiri pada tahun 1994 di mana tahun tersebut gorontalo Utara sedang melakukan Program Pemekaran Desa Mootinelo adalah sala satu desa yang masuk dalam program pemekaran. Desa Mootinelo telah resmi menjadi sebuah desa dan diresmikan langsung oleh Bapak Drs.A.Nadjamuddin selaku wakil GKDH TKI SULUT  yang berlangsung diDesa Torsiaje, Kabupaten pohuato.

Pemberian Nama Desa (Mootinelo) sendiri diambil dari bahasa Gorontalo yang artinya menerangi. Alasan diberikan nama tersebut karena diharapkan Desa Mootinelo ini dapat menjadi panutan bagi desa–desa lainnya yang ada di Kecamtan Kwandang Desa Mootinelo saat ini terbagi menjadi 3 Dusun yang terdiri dari Dusun Tuhiyango, Dusun Pilomalula,dan Dusun Bolongga. Nama Dusun Tuhiyango,” di ambil dari bahasa Gorontalo untuk nama alat perangkap Hewan seperti Rusa atau sejenisnya. Dusun pilomalula, Dusun Pilomalula merupakan sebuah dusun yang di bentuk oleh kepala desa pertama Desa Mootinelo, dalam Bahasa Gorontalo terdapat istilah “pilomalula lo mayeti” yang artinya pembukus mayat. Konon katanya, sebelum terbentuknya Desa Mootinelo tepatnya di dusun pilomalula ini dahulunya pernah mempunyai adat atau kebiasaan, yang di mana setiap orang yang  meniggal jasadnya akan dibakar (kremasi) hal ini dilakukan saat jaman pejajahan Jepang dulu dan dari situlah nama dusun pilomalula itu ada. Dan yang terakhir adalah Dusun Bolongga, nama dusun yang berbatasan dengan Desa Leboto ini bila di artikan ke dalam bahasa Indonesia akan mempuyai arti seperti nama sebuah Tumbuhan atau Buah.

Kantor Desa yang memiliki Desa Mootinelo telah berdiri sebelum Program Pemekaran dilaksanakan, hal tersebut dilakukan agar Desa Mootinelo benar-benar menjadi sebuah Desa, karena sebuah Desa yang tidak dapat atau tidak bias membuat Kantor Desa sendiri harus siap kembali kedesa induknya yang tidak lain adalah Desa Molingkapoto. Bangunan kantor Desa pertama ukuran 9×7 meter yang berlokasi di kantor Desa sekarang ini. Pada masa jabatan Kepala Desa yang ketiga dilakukan perenovasian Kantor Desa dengan beberapa tambahan seperti kantor BPD yang terdiri tepat berseblahan dengan Kantor Desa. Pembangunan kantor desa pertama memperlihatkan  antusias Masyarakat Desa mootinelo yang siap untuk pemekaran karena proses pembangunan Kantor Desa ini di bangun oleh dana  swadaya atau secara sukarela yang dikumpulkan oleh seluruh masyarakat Desa Mootinelo.