BNI Salurkan KUR untuk Petani Bawang Sembalun

Berita 01/09/2017
KUR BNI

PT Bank Negara Indonesia Tbk (BNI) menyalurkan Kredit Usaha Rakyat (KUR) khusus untuk para petani bawang putih di daerah Sembalun, Nusa Tenggara Barat (NTB).

KUR BNI ini akan membantu para petani bawang untuk memenuhi kebutuhan mereka dalam meningkatkan produktivitas perkebunan bawang.

Penyaluran KUR tersebut secara simbolis disampaikan kepada beberapa penerima di Desa Sembalun Bumbung, Kecamatan Sembalun, Kabupaten Lombok Timur, NTB, Jumat (1/9/2017).

Penyaluran tersebut disaksikan oleh Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Republik Indonesia Rini M Soemarno, Direktur Utama BNI Achmad Baiquni, dan Corporate Secretary BNI Kiryanto.

Rini dalam kesempatan tersebut juga ikut memanen bawang putih bersama para petani di daerah Sembalun, yang belakangan dikembangkan juga sebagai kawasan wisata terpadu di kaki gunung Rinjani.

Kiryanto mengungkapkan, jumlah petani bawang di kawasan tersebut mencapai sekitar 4.000 petani. Penyaluran KUR BNI kali ini merupakan salah satu langkah awal dalam penyaluran kredit kepada petani bawang secara lebih luas di kawasan Sembalun.

Penyaluran KUR tersebut diperuntukan bagi petani bawang yang mengelola lahan dan membutuhkan modal kerja.

“Dana KUR BNI itu dapat digunakan petani bawang untuk menutupi biaya pengolahan lahan, pembelian pupuk, hingga pembelian obat-obatan untuk meningkatkan produktivitas perkebunan bawang mereka,” ujarnya.

KUR BNI ini akan menurunkan beban petani dalam menggarap lahan pertaniannya. Pengelolaan 1 hektar lahan di kawasan Sembalun membutuhkan modal sekitar Rp 120 juta.